Empat Cara Agar Nama dan Foto Kamu Bisa Muncul di Mesin Pencari Google

BANYAK yang ingin melihat ketika namanya diketik di mesin pencari, maka yang muncul adalah foto dan tulisan tentang dirinya. Nah, bagaimana caranya agar foto dan tulisan tentang dirimu bisa muncul di halaman mesin pencari sekelas Google?

Coba perhatikan, mengapa artis dan penulis terkenal namanya bisa dengan mudah tampil di mesin pencari Google? Ya, jawabannya mudah, karena dia sudah dikenal, bukan? Namun bagaimana caranya buat kita yang belum terkenal? Caranya mudah sekali, coba klik nama "Muh. Galang Pratama" dan saksikan apa yang muncul. (He he, daripada ambil contoh nama lain, mending pakai nama sendiri 😆😁).

Beberepa cara yang sudah saya praktikkan dan kurang berhasil (#eh, maksudnya lumayan berhasil 😛), yaitu:


  • Buat Blog dan Tulis tentang Keseharianmu
m galang pratama
Source: Diolah dari jpompey.com
Kalian boleh saja membuat blog gratis dengan waktu lima menit. Ya, serius, hanya lima menit. Silakan klik blogger.com atau wordpress.com. (Tapi, saran jika mau cepat ter-indeks di google, maka gunakanlah domain dari blogger.com, sebab katanya sih, blogger.com itu adalah anak emas dari google, hehehe)
  • Buat Akun Media Sosial
m galang pratama
Source: universe.byu.edu

Yang selanjutnya kamu bisa lakukan agar nama kamu mudah ditemukan oleh mesin pencari google adalah gampang sekali. Syaratnya hanya membuat beberapa akun media sosial yang persis seperti namamu (ingat, jangan gunakan nama alay dan semacamnya, tentu ini jika kamu ingin nama yang ingin kau kehendaki ter-indeks di mesin pencari google ya).

Buatlah akun Facebook, Twitter, Youtube, Kompasiana, dan akun-akun lain yang mana di sana kamu bisa berkreasi menampilkan siapa dirimu. Ya, gunakanlah akun itu dengan namamu yang asli.

  • Menulis di Media Massa
m galang pratama
Source: blog.udemy.com

Ini merupakan cara paling mudah sekaligus sulit jika kamu ingin namamu terindeks di mesin pencari seperti Google. Kamu cukup menulis artikel, citizen reporter, puisi, cerpen, dan karya tulis lainnya yang dapat diterima oleh media luring (cetak) maupun media daring (online). 

Caranya cukup mudah. Cari media yang menerima tulisan. Selanjutnya catat alamat email media tersebut. Lalu kirimkan tulisanmu. Biasanya, tulisan yang dikirim akan diserta dengan foto penulis.

  • Menulis Buku
Source: ebooks.gramedia.com

Nah, cara yang terakhir ini tak perlu kau ragukan lagi. Dengan menulis buku, nama dan fotomu bukan hanya akan tersimpan di halaman Google, tetapi akan tersimpan di ingatan orang-orang. Nama kamu akan mudah dikenal dengan citra yang baik. Jelaslah, karena kau menulis.

Akan tetapi, jika kau tidak bisa melakukan empat cara di atas, barangkali kamu hanya perlu melakukan tips yang terakhir ini, agar ketika kau ketikkan namamu di mesin pencari Google, maka namamu lah yang akan ter-indeks. Bagaimana caranya? Ya tentu saja dengan;

Berkomentar di postingan ini. 
He he 😂




Comments

Popular Posts