Skip to main content

Sanggahan dan Klarifikasi PT. Karisma Bahana Gemilang terkait Tulisan di Personal Blog mengenai Easy Shopping

Easy Shopping
Logo Easy Shopping


Dengan Hormat,

Sehubungan dengan tulisan pada personal blog mengenai Easy Shopping oleh M. Galang Pratama pada tanggal 31 Agustus 2020 dengan judul "Om saya dan Amplop Easy Shopping" (di alamat blog https://emjipi.blogspot.com/2020/08/easy-shopping-pt-karisma-bahana-gemilang.html), dengan ini kami, PT. Karisma Bahana Gemilang (“Perusahaan”) menyampaikan klarifikasi sebagai berikut:

 

Penjelasan Promosi Perusahaan

1.       Bahwa PT. Karisma Bahana Gemilang adalah suatu perusahaan yang didirikan menurut hukum negara Republik Indonesia berdasarkan Akta Pendirian nomor 1, tanggal 11 Maret 2015, dihadapan Dita Okta Sesia, S.H., M.Kn, Notaris di Jakarta, berkedudukan di Wisma 77 Lantai 17, Jl. Letjend S. Parman Kav. 77, Slipi, Palmerah, Jakarta Barat 11410;

 

2.       Bahwa Perusahaan bergerak di bidang perdagangan eceran melalui media katalog dengan pemesanan melalui pos yang menggunakan merek dagang “Easy Shopping”;

 

3.       Bahwa Perusahaan juga menjalin kerjasama dengan PT. Pos Indonesia (Persero) untuk mendukung pengiriman katalog dan barang dagangan dengan menggunakan P.O. Box dengan nomor 6688, Slipi, Jakarta Barat 11410;

 

4.       Bahwa barang – barang yang dijual dalam katalog belanja Easy Shopping antara lain adalah alat kebutuhan rumah tangga seperti alat masak, sprei, alat kebutuhan pribadi, kosmetik, dan suplemen makanan yang diperoleh dari supplier lokal seperti Maspion, Industri Jamu Borobudur, Identika Prima Indonesia, dan lain – lain. Kerjasama dengan supplier – supplier lokal ini adalah salah satu bentuk komitmen Perusahaan untuk memajukan industri tanah air dengan membantu pemasaran produk ke pelosok daerah.

 

5.       Adapun cara penjualan yang diselenggarakan oleh Perusahaan melibatkan tahapan – tahapan sebagai berikut:

a.       Perusahaan memasang iklan promosi brand Easy Shopping di media massa (koran, tabloid, dan sebagainya) serta media elektronik untuk mengundang masyarakat mendaftarkan diri sebagai pelanggan;

b.       Setiap orang dapat ambil bagian dalam promosi dengan melakukan tindakan (misalnya menemukan nama kota, angka, dan lain – lain) seperti yang dijelaskan dalam iklan yang ditempatkan di surat kabar dan media cetak dan media elektronik lainnya;

c.       Calon pelanggan mendaftarkan diri sebagai pelanggan ke Perusahaan baik dengan menghubungi nomor telepon Perusahaan yang tertera dalam iklan tersebut atau mengirim kupon cetak atau elektronik yang telah dilengkapi dengan data diri pelanggan;

d.       Pelanggan akan menerima surat dari Perusahaan yang akan mencakup katalog belanja Easy Shopping, beragam dokumen informasi produk – produk dan iklan promosi hadiah (“Materi Promosi”).

e.       Pelanggan melakukan pemesanan dengan cara:

                                 i.            Mengisi formulir pemesanan produk dari katalog belanja Easy Shopping;

                               ii.            Melakukan pembayaran lunas untuk produk yang dipesan, dan biaya pengiriman melalui transfer bank;

                             iii.            Mengirim formulir pemesanan berikut pembayaran melalui Pos kepada Perusahaan.

f.        Perusahaan mengirimkan produk yang dipesan kepada Pelanggan.

 

6.       Dalam rangka menarik minat konsumen untuk menjadi pelanggan brand Easy Shopping, Perusahaan menawarkan beragam hadiah dengan mengadakan berbagai promosi Kontes Foto dan Testimoni. Promosi yang berlangsung di tahun 2020 adalah Promosi Gelegar 1 Miliar 2020 sejak tanggal 1 Desember 2019 sampai dengan 30 November 2020 untuk pelanggan dengan hadiah berupa:

·         Hadiah Utama berupa uang tunai sebesar Rp 1.000.000.000,- yang diberikan 1 kali sepanjang periode promosi.

·         4 (empat) Hadiah Bonus berupa uang tunai sebesar Rp 250.000.000,- yang diberikan setiap triwulan sepanjang periode promosi.

·         4 (empat Hadiah Spesial berupa uang tunai sebesar Rp 30.000.000,- yang diberikan setiap triwulan sepanjang periode promosi.

 

7.       Bahwa sebagaimana dijelaskan dalam Nomor 5 butir (d) diatas, setelah konsumen terdaftar menjadi pelanggan Easy Shopping, pelanggan akan menerima menerima surat Materi Promosi dari Perusahaan yang akan mencakup katalog belanja, beragam dokumen informasi produk-produk, syarat dan ketentuan, dan iklan promosi hadiah;

 

8.       Bahwa berdasarkan syarat dan ketentuan yang tertera di dalam amplop, pelanggan dapat menjadi pemenang Hadiah Utama, Hadiah Bonus dan Hadiah Spesial promosi Gelegar 1 Miliar 2020, apabila memenuhi ketentuan sebagai berikut:

a.       Memiliki minimal poin loyalitas pelanggan dalam periode promosi / periode hadiah triwulan untuk dapat berpartisipasi dalam kontes foto dan testimoni dengan Hadiah Utama, Hadiah Bonus dan Hadiah Spesial. Poin loyalitas pelanggan tersebut bisa didapatkan dengan melakukan setiap pemesanan dari katalog Easy Shopping/mitra usaha atau setiap jumlah pembelanjaan sebesar Rp 1.000.000,- dan kelipatannya, akan mendapatkan 1 poin loyalitas pelanggan;

b.       Syarat minimal poin loyalitas pelanggan:

-       Hadiah Utama          : 100 poin

-       Hadiah Bonus           : 30 poin

-      Hadiah Spesial         : 30 poin

c.       Bahwa perhitungan poin akan dilakukan di akhir periode promosi dan KBG akan mengirimkan pemberitahuan dan formulir testimoni dan foto melalui surat tercatat atau elektronik, kepada pelanggan yang telah memenuhi syarat yaitu memiliki poin loyalitas pelanggan yang cukup sesuai dengan periode promosi sebagaimana dijelaskan pada poin a dan b di atas;

d.       Pelanggan mengirimkan foto dan testimoni ke KBG;

e.       Penentuan pemenang akan dilakukan oleh dewan juri independen untuk menilai testimoni dan foto Peserta.

 

9.       Pemenang Kontes Foto dan Testimoni dengan Hadiah Utama, Hadiah Bonus, dan Hadiah Spesial di Gelegar 1 Miliar 2020 ditentukan dengan mekanisme sebagai berikut:

a.       Hadiah Utama akan diberikan kepada pelanggan dengan testimoni dan foto terbaik yang telah melakukan pembelanjaan selama periode promosi;

b.       Hadiah Bonus diberikan kepada pelanggan dengan testimoni dan foto terbaik pertama dan telah melakukan pembelian setidaknya Rp. 700.000,00 dalam satu pesanan di setiap triwulan dalam periode promosi;

c.       Hadiah Spesial akan diberikan kepada pelanggan dengan testimoni dan foto terbaik kedua dan melakukan pemesanan dalam waktu 7 hari setelah Materi Promosi dikirimkan oleh Perusahaan di setiap triwulan dalam periode promosi.

 

10.   Bahwa syarat dan ketentuan Undian Pembelanjaan dan program Kontes foto dan testimoni seperti diterangkan diatas telah disediakan secara tertulis yang tercetak pada bagian dalam amplop yang diterima pelanggan, iklan media cetak dan elektronik, dan situs web resmi KBG www.easy-shopping.co.id;

 

11.   Bahwa syarat dan ketentuan tersebut merupakan satu kesatuan dengan iklan promosi hadiah yang diterima pelanggan, dimana pada setiap lembar iklan promosi hadiah tercantum disclaimer (*) bahwa Syarat dan Ketentuan tertera di dalam amplop;

 

12.   Bahwa pada setiap acara penganugerahan pemenang telah didokumentasikan dan pemenang telah diumumkan baik di media massa, media elektronik, maupun di situs web resmi perusahaan;

 

13.   Untuk website resmi kami tentunya dapat diakses kapan saja pada www.easy-shopping.co.idWebsite kami tidak pernah tidak dapat diakses seperti dalam tulisan blog Saudara;

 

14.   Sejauh ini kami mendapatkan begitu banyak pemberitaan positif mengenai penganugerahan hadiah yang kami selenggarakan antara lain:

a)       https://www.tabloidbintang.com/foto/read/10895/chintami-atmanegara-berbagi-thr-di-bulan-ramadhan?utm_source=news&utm_medium=dbone&utm_campaign=esberbagithr20210511

b)      https://www.tribunnews.com/bisnis/2021/05/07/easy-shopping-anugerahkan-thr-ratusan-juta-rupiah-kepada-pelanggan-jelang-idul-fitri-2021?utm_source=news&utm_medium=dbone&utm_campaign=esberbagithr20210511

c)       https://www.viva.co.id/showbiz/gosip/1371352-chintami-atmanegara-bahagia-bisa-serahkan-thr-ratusan-juta?headline=1&utm_source=news&utm_medium=dbone&utm_campaign=esberbagithr20210511

d)      https://www.fimela.com/news-entertainment/read/4551178/sambut-lebaran-chintami-atmanegara-berikan-thr-ratusan-juta-rupiah-untuk-masyarakat?utm_source=news&utm_medium=dbone&utm_campaign=esberbagithr20210511

e)      https://ceknricek.com/a/easy-shopping-bagi-thr-ratusan-juta-pada-pelanggan-setia/24275?utm_source=news&utm_medium=dbone&utm_campaign=esberbagithr20210511

f)        https://tirto.id/easy-shopping-berikan-thr-kepada-pelanggan-f7pj?utm_source=news&utm_medium=dbone&utm_campaign=esberbagithr20210511

g)       https://poskota.co/ekonomi-bisnis/jelang-idul-fitri-easy-shopping-bagikan-thr-pada-pelanggan/?utm_source=news&utm_medium=dbone&utm_campaign=esberbagithr20210511

h)      https://inilah.com/news/2593685/easy-shopping-berikan-thr-rp280-juta-ke-pelanggan?utm_source=news&utm_medium=dbone&utm_campaign=esberbagithr20210511

i)        https://m.industry.co.id/read/85224/thr-ratusan-juta-rupiah-dari-easy-shopping-untuk-pelanggan-setia?utm_source=news&utm_medium=dbone&utm_campaign=esberbagithr20210511

j)        https://www.liputan6.com/showbiz/read/4553866/chintami-atmanegara-membagikan-thr-untuk-pelanggan-setia-easy-shopping?utm_source=news&utm_medium=dbone&utm_campaign=esberbagithr20210511

 

15.   Mohon diketahui bahwa kami tidak pernah menyatakan pelanggan tertentu adalah pemenang dalam setiap Materi Promosi yang kami kirimkan. Materi Promosi yang kami kirimkan adalah iklan promosi hadiah dalam bentuk surat berisi informasi mengenai hadiah – hadiah yang dapat dimenangkan, katalog produk, cara pembayaran, syarat dan ketentuan, dan informasi promosi lainnya dan sebagaimana dijelaskan di atas, terdapat syarat dan ketentuan yang mengatur lebih lanjut cara memenangkan hadiah dan telah disediakan kepada Pelanggan kami secara tertulis di dalam amplop yang diterima dan website resmi kami;

 

16.   Oleh karena itu kami membantah pernyataan dalam tulisan personal blog Sdr. M Galang Pratama yang menyatakan promosi kami terindikasi penipuan dan yang memuat tulisan simpang siur dimana Saudara tidak mengerti mekanisme promosi atas hadiah – hadiah yang kami berikan dan pada akhirnya menyebutkan mekanisme yang tidak benar serta bersifat sangat subyektif dan memojokkan kami selaku Badan Hukum yang sah yang didirikan dibawah hukum yang berlaku;

 

17.   Sebagai informasi kami telah menganugerahkan hadiah kepada puluhan pemenang yang mengikuti prosedur promosi dan memenuhi syarat dan ketentuan untuk ditetapkan sebagai pemenang. Setiap acara penganugerahan hadiah diliput dan diumumkan pada media massa dan juga situs web resmi dan akun – akun media sosial Perusahaan, maka dengan ini Perusahaan menegaskan bahwa hadiah yang diiklankan benar dibagikan berdasarkan syarat dan ketentuan yang berlaku.

 

18.   Perusahaan selalu berkomitmen untuk meningkatkan layanan demi menjaga kepuasan pelanggan terhadap produk atau promosi kami. Oleh karena itu kami telah menyediakan sarana – sarana informasi untuk kemudahan pelanggan baik melalui media tertulis, website, dan call center untuk informasi seputar promosi, produk, cara pemesanan, langkah – langkah pembayaran, pengiriman produk, dan sebagainya.

 

19.   Berdasarkan penjelasan kami di atas, untuk selanjutnya kami harap agar Saudara dapat menghapus tulisan tersebut dari personal blog Anda atau mempublikasikan penjelasan kami ini dalam personal blog anda karena berpotensi merugikan Perusahaan dan agar tidak menjadi polemil berkepanjangan bagi masyarakat pada umumnya. Kami mencadangkan hak kami untuk menempuh langkah hukum selanjutnya, apabila Saudara M. Galang Pratama tidak beritikad baik untuk menindaklanjuti sanggahan kami dalam penjelasan ini.

 

Demikian kami sampaikan sebagai klarifikasi. Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

 

PT. Karisma Bahana Gemilang,

Vivin Pindesiyanti

Social Media and Community Manager

Comments

  1. Wah... klarifikasinya lengkap dan panjang.
    Semangat kak!

    ReplyDelete
  2. Istri saya juga dapat amplop 1 miliar easy shopping.. Aneh bin ajaib ternyata syarat2nya ada tertulis di pinggiran amplop yang akan kita robek.. seperti di sembunyikan... saya baca harus 100 poin dulu baru bisa dapat KEMUNGKINAN dapat 1 Miliar. 1 poin itu 1 juta.. berarti harus habis 100juta dulu kitanya...barangnya mahal mahal pula.. dan Belum pasti dapet juga 1 Miliarnya... sangat menjebak... hahahahahahahaha.... ASU....hati hatilah kalian.. dibuat seolah2 seperti pemenang.. padahal undian... yang harus diusut kok bisa data istri saya baik nama dan tempat kerjanya mereka tahu sehingga dikirimi beginian... data pribadi itu dilindungi undang undang... keterlaluan...

    ReplyDelete

Post a Comment

Paling banyak dibaca

Om saya dan amplop easy shopping

SORE yang dingin, om saya dengan buru buru turun dari motornya. Ia membuka amplop yang bertuliskan namanya. Om mendapat amplop itu di kantornya. "Hanya ada satu nama Muhtar di kantor, itu saya," ujarnya Senin (31/08/2020). Lalu ia membuka paket yang di luarnya dibungkus dari kantongan berwarna hitam itu.  Ia mendapat kupon hadiah senilai 1 miliar. Tertera di amplop itu. Easy Shopping P.O. Box 6688, Slipi Jakarta Barat 11410 Di bawahnya ada tulisan warna merah tertulis:  NOMOR KEMENANGAN DISETUJUI Dengan font huruf kapital semua dan berwarna merah. Di bawahnya lagi tertulis  "Pengiriman bekerja sama dengan PT. Pos Indonesia" ANEHNYA Di belakang amplop, ada alamat website. www.easyshopping.id. Yang kalau Anda ketik di pencarian, tidak akan ketemu. Website rusak! Tak dapat ditemukan.  (Kok perusahaan tidak punya website?) pikir saya dalam hati.  Apalagi, merk Easy Shopping ini tertuju pada satu nama PT yang tertera di lembaran lain di dalam amplop. PT Karisma Bahana G

Empat Cara Agar Nama dan Foto Kamu Bisa Muncul di Mesin Pencari Google

BANYAK yang ingin melihat ketika namanya diketik di mesin pencari, maka yang muncul adalah foto dan tulisan tentang dirinya. Nah, bagaimana caranya agar foto dan tulisan tentang dirimu bisa muncul di halaman mesin pencari sekelas Google ? Coba perhatikan, mengapa artis dan penulis terkenal namanya bisa dengan mudah tampil di mesin pencari Google? Ya, jawabannya mudah, karena dia sudah dikenal, bukan? Namun bagaimana caranya buat kita yang belum terkenal? Caranya mudah sekali, coba klik nama "Muh. Galang Pratama" dan saksikan apa yang muncul. ( He he , daripada ambil contoh nama lain, mending pakai nama sendiri 😆😁). Beberepa cara yang sudah saya praktikkan dan kurang berhasil (#eh, maksudnya lumayan berhasil 😛), yaitu: Buat Blog dan Tulis tentang Keseharianmu Source: Diolah dari jpompey.com Kalian boleh saja membuat blog gratis dengan waktu lima menit. Ya, serius, hanya lima menit. Silakan klik  blogger.com  atau  wordpress.com.  (Tapi, saran jika mau cepat

Cara Melapor SPT Tahunan (Pengalaman Pribadi)

JAM MASIH  menunjukkan pukul 08.00 pagi. Jalan di kotaku masih terlihat sepi. Tapi saya sudah berada di Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Sungguminasa Kabupaten Gowa. Kantor ini terletak di Jalan Mesjid Raya No. 24, Sungguminasa. Pas baru tiba di kantor pajak ini, saya sudah melihat ada banyak yang antre. Puluhan. Ini kali pertama saya mengurus SPT Tahunan. Ya, sebab saya baru memiliki  NPWP kurang dari setahun. Saya punya dua NPWP. NPWP pribadi dan NPWP perusahaan. Saya lalu bertanya kepada petugas pelayanan pelaporan SPT. Pertama kali, saya ditanya apa sudah punya efin atau belum. Karena baru pertama kali melapor, otomatis saya belum punya. Akhirnya saya pun mengisi kertas kosong yang diberikan petugas untuk permohonan efin. Di dalam kertas itu ditulis nama wajib pajak, nomor npwp, nomor KTP, email dan nomor HP. Ini semua wajib ada. Saat di lokasi, kulihat seorang pria dewasa yang tak punya email, ia pun diminta oleh petugas untuk membuat

Apa itu "Mark Up"? | Penjelasan, contoh dan cara menghitungnya

Dulu, ketika tulisan saya terbit di kolom "Surat Pembaca Kompas" berjudul Jangan Revisi  edisi 31 Maret 2017, sekilas saya membaca isi surat pembaca lain di samping tulisan itu, judulnya Mengungkap "Mark Up" . Saat itu saya sama sekali tidak tahu apa arti dari kata "Mark Up" , saya pun tak punya rasa penasaran berlebih untuk mencari tahu frasa itu di mesin pencari daring. Akhirnya saya menghiraukannya.  Satu tahun berlalu. Saya bekerja di sebuah media. Menghadapi orang-orang mulai dari kalangan bawah hingga kalangan atas seperti pemegang jabatan pemerintahan. Mulai kepala desa, kepala dinas, bupati hingga anggota dewan. Saya bukan wartawan, saya hanya bekerja sebagai tukang cari iklan daring (online). Menawarkan ke orang  orang agar dirinya bisa dimuat di portal media daring.   Dari sini, saya baru tahu (atas pengalaman kerja yang baru beberapa bulan), arti dan maksud dari "mark up" itu. Akhirnya pikiran saya kembali ke awal tulisan ini. T

6 ajaran Jepang untuk menghancurkan rasa malas

INILAH 6 ajaran Jepang untuk menghancurkan rasa malas orang Indonesia: 1. ikigai, 2. kaizen, 3. hara hachi bu, 4. shohin, 5. ganbaru, 6. wabi-sabi Sumber : japan.com 1. Ikigai ( 生き甲斐): Konsep ini menggabungkan kata ‘iki’, yang berarti “hidup” atau “kehidupan,” dan ‘gai’, yang berarti “manfaat” atau “nilai.” Ikigai adalah apa yang memberikan nilai, makna, atau tujuan dalam hidup Anda 1 . Ini serupa dengan istilah Prancis “raison d’être” atau “alasan untuk hidup.” 2. Kaizen (改善): Kaizen adalah filosofi yang berfokus pada peningkatan berkelanjutan dalam semua fungsi dan melibatkan semua karyawan, dari CEO hingga pekerja lini produksi 2 . Ini juga berlaku untuk proses seperti pembelian dan logistik yang melintasi batas organisasi ke rantai pasokan. 3. Hara Hachi Bu (腹八分目): Ini adalah ajaran Konfusianisme yang menginstruksikan orang untuk makan sampai mereka 80 persen kenyang 3 . Frasa Jepangnya berarti “makan sampai Anda delapan bagian (dari sepuluh) kenyang” atau “perut 80 persen penuh

Al Nassr vs Abha : Gol Free Kick Cristiano Ronaldo Antarkan Al Nassr Menang 2-1

Cristiano Ronaldo Pemain Al Nassr (Foto/Instagram/@alnassr_fc) Dalam lanjutan Liga Arab Saudi , Al Nassr mengalahkan Abha dengan tipis 2-1.Ronaldo pun menyumbang gol di laga ini. Minggu, 19 Maret 2023 pukul 00:15 WIB di Marsool Park menjadi tempat duel antara Al Nassr dan Abha. Striker Portugal Cristiano Ronaldo dipercaya menjadi starter Al Nasir kali ini. Lewat formasi 4-1-4-1, ia menjadi andalan dan sumber gol klub. Pada laga ini, Al Nassr mencoba tampil agresif namun pada menit ke-26 tim besutan Abha harus kebobolan terlebih dahulu. Tuan rumah baru bisa memecah kebuntuan di babak kedua dengan sisa waktu kurang dari 20 menit. Pada menit ke-78, pemain bintang Cristiano Ronaldo mencetak gol dari jarak jauh. Berawal dari peluang melakukan tendangan bebas, bola diambil oleh Ronaldo. Cristiano Ronaldo mencetak gol tendangan bebas dan akhirnya mengikat skor menjadi 1-1. Tak lama berselang, tim tamu sial di menit 80. Pasalnya, pemain mereka mendapat kartu merah, yakni Zakaria Alsudani yang

Cara Buat Website Komunitas

Cara Buat Website Komunitas sangat mudah sekali. Anda cukup menyiapkan profil, kontak dan nama website Anda. Lalu hubungi Admin kami. Saya menyarankan untuk buat website komunitas di PT Iqra Aksara Media. Selain layanan maksimal, bisa konsultasi 24 jam, juga punya harga yang relatif terjangkau.  Nah. Apa saja, keuntungan membuat website komunitas/organisasi. Berikut manfaatnya. Website resmi membantu legitimasi komunitas / organisasi  Website resmi meningkatkan kesadaran publik Website sebagai sarana memperkenalkan produk/layanan Website sebagai sarana komunikasi Website sebagai sarana publikasi resmi komunitas / organisasi  Membangun jaringan / partner Nah, itu beberapa manfaat memiliki website. PT Iqra Aksara media, sebuah perusahaan di bidang media dan penerbitan siap mengerjakan website komunitas Anda. Dapatkan diskon khusus 35% hingga akhir tahun 2023 dan diskon 50% hingga 1 November 2023. Segera kunjungi laman ini . Atau hubungi admin via WhatsApp.  

Company Profile Penerbit Kami

  PubHTML5 LightBox Embed Demo

3 Cara Menghilangkan Tulisan Powered by Blogger di Tema Blog Gratisan

Cara Menghilangkan Tulisan Blogger di Tema Blog -  Untuk blogger blogspot baru tentunya mengolah dan memahami tampilan pada blog cukup sulit dpahami. Perlu diketahui jika anda memang memutuskan untuk terjun ke dunia blogger maka mau tidak mau anda harus memahami hal yang berkaitan dengan blogger, contohnya memahami template seperti html, css, dan javascript. Banyak kendala blogger baru maupun yang lama yakni salah satunya tidak bisa mengedit tampilan template blog karena memang sangat membingungkan. Untuk belajar mengedit template , kalian bisa menggunakan inspect elemen . Kadang ada tampilan template yang tidak sesuai dengan kemauan teman-teman, contohnya yakni tulisan powered by blogger/diberdayakan oleh blogger. Jika ada tulisan seperti itu, rasanya blog kita terlihat tidak professional, maka dari itu sebagian blogger lama maupun pemula menghapus kode tersebut agar terlihat lebih professional. Nah, bagi kalian yang ingin menghapusnya namun belum bisa, berikut tipsnya. 3 Cara Menghil

Guru Favoritku Itu Bernama Ibu Munasiah

Ya, namanya Ibu Munasiah. Guru Biologi SMPku. Inilah guru favorit yang mengajarkanku banyak hal. Mulai dari apresiasi (pentingnya menghargai potensi siswa) hingga memberikan apa yang siswanya butuhkan. Ia dapat mengajar berapa jam pun di kelas, dan tak satu pun siswa yang bosan. Pengalaman bersamanya tak terlupakan meski 10 tahun berlalu. Pernah suatu ketika, waktu itu adalah saat saat sedih di sekolahku itu. Saya harus pindah ke Mamuju, Sulawesi Barat untuk mengikuti ibu yang diangkat jadi guru tenaga kontrak di sana. Singkat cerita, acara perpisahan pun dimulai di sekolahku. Ada Ibu Munasiah yang memandu. Setiap siswa diajak menuliskan di secarik kertasnya sebuah pesan dan kesan tentang saya. Perpisahan pun betul betul terjadi. Dan itu terjadi secara tiba tiba. Sebab tak ada kabar satu minggu atau sebulan sebelumnya kalau saya akan pindah.  Saya bukanlah siswa yang berprestasi saat itu, bukan pula ketua kelas, tapi saya mendapat perlakuan yang luar biasa dari ibu gu

Saya

My photo
M. Galang Pratama
Gowa, Sulawesi Selatan, Indonesia
Anak dari Ibu yang Guru dan Ayah yang Petani dan penjual bunga.

Tayangan Blog