Hari blogger Nasional diperingati setiap tanggal 27 Oktober. Pertanyaannya adalah kenapa tanggal itu dipilih?
Hari Blogger Nasional diperingati setiap 27 Oktober, kenapa?
Setelah saya mencari tempe,eh maksudnya mencari tahu, kenapa dipilih tanggal 27, ternyata karena pada 27 Oktober 2007 silam, Pesta Blogger terbesar digelar untuk pertama kalinya.
Pesta Blogger 2007yang digelar di Jakarta dan menghadirkan 500-an lebih blogger dari berbagai daerah itu rupanya menjadi awal mula bangkitnya semangat ngeblog para blogger.
Acara itu diprakarsai oleh Enda Nasution,dan beberapa blogger lain di Indonesia. Acara tersebut berhasil menghadirkan Menkominfo RI gang kala itu dijabat oleh Mohammad Nuh.
Setelah itu, tiap tahunnya tanggal 27 Oktober diperingati sebagai hari blogger Nasional.
Klinik Blog
Pada Sabtu (26/10/2019) saya mengikuti klinik blog yang diadakan oleh komunitas blogger Makassar Anging Mammiri.
Sejak bergabung kurang dari satu tahun belakangan, baru kali ini saya sempat mengikuti kegiatan klinik blog yang digelar oleh komunitas blogger ini.
Alhamdulillah, perasaan saya tentunya bangga, karena bisa bertemu para blogger (berharap bisa banyak berdiskusi tentang blog, tentu saja).
Kegiatan itu digelar di salah satu co -working space di Kota Makassar, namanya Confie .
Ini juga menjadi pengalaman pertama saya masuk di tempat co-working space. Awalnya saya hanya mendengar namanya saja, lalu melihat foto fotonya di internet. Sekarang, saya sudah memasukinya. Dan tentunya memanfaatkan isinya sebagai ruang belajar.
Lanjut.
Kegiatan yang digelar oleh Makassar Digital Valley kerjasama dengan komunitas blogger AM ini diberi judul "Belajar SEO (Search Engine Optimization)", kalau saya tidak salah begitu judulnya, kalah salah mohon dibenarkan ya.
Kegiatan yang dijadwalkan tersebut semestinya berlangsung kurang lebih tiga jam. Mulai pukul 1 siang hingga pukul 4 sore.
Tapi saya datang terlambat. Untungnya pas saya tiba, materi belum terlalu jauh lewat.
Ada 14 blogger Makassar yang hadir dalam kegiatan ini. Anda bisa lihat pada foto di bawah, salah satu di antaranya adalah pemateri, yaitu Kak Taufiq.
Belajar SEO
Hari itu kami belajar tentang SEO. Pematerinya sendiri adalah seorang developer aplikasi yang dulunya sangat aktif ngeblog (menurut pernyataan Kak Taufiq).
Kak Taufiq lebih banyak menjelaskan sekaligus menyampaikan materinya melalui layar LCD.
Di awal materinya Kak Taufiq menjelaskan perbedaan antara sosmeddan search engine.
Menurutnya, sosmed itu mengedepankan interest.
Sedangkan search engine mengedepankan "needs" atau kebutuhan .
Kak Taufiq sepertinya menitikberatkanagar kami, para peserta seharusnya lebih memenuhi needs dibanding hanya interest. Yang artinya karena setiap orang mencari informasi melalui search engine dengan dasar kebutuhan, maka di situlah peran blogger hadir. Menuliskan info yang dibutuhkan oleh masyarakat.
Selain itu, materi yang dibawakan juga masuk ke bagian website (situs jejaring), mengenal beberapa istilah blog/web,dan mengenal lebih dalam tentang situs pencarian Google.
Dalam materi SEO yang dibawakan, setidaknya ada 4 poin yang dipelajari lebih rinci.
Kenapa Google? Karena Google merupakan situs pencarian yang paling banyak digunakan di dunia (
terutama di Indonesia).
2. Struktur Situs
4. Riset Kata Kunci (Keywords)
Untuk riset kata kunci , kita boleh menggunakan aplikasi seperti Google Keyword Planner, Google Trends dan Google Alerts.
Hari Blogger Nasional diperingati setiap 27 Oktober, kenapa?
Setelah saya mencari tempe,
Pesta Blogger 2007
Acara itu diprakarsai oleh Enda Nasution,
Setelah itu, tiap tahunnya tanggal 27 Oktober diperingati sebagai hari blogger Nasional.
Klinik Blog
Pada Sabtu (26/10/2019) saya mengikuti klinik blog yang diadakan oleh komunitas blogger Makassar Anging Mammiri.
Sejak bergabung kurang dari satu tahun belakangan, baru kali ini saya sempat mengikuti kegiatan klinik blog yang digelar oleh komunitas blogger ini.
Alhamdulillah, perasaan saya tentunya bangga, karena bisa bertemu para blogger (berharap bisa banyak berdiskusi tentang blog, tentu saja).
Ini juga menjadi pengalaman pertama saya masuk di tempat co-working space. Awalnya saya hanya mendengar namanya saja, lalu melihat foto fotonya di internet. Sekarang, saya sudah memasukinya. Dan tentunya memanfaatkan isinya sebagai ruang belajar.
Lanjut.
Kegiatan yang digelar oleh Makassar Digital Valley kerjasama dengan komunitas blogger AM ini diberi judul "Belajar SEO (Search Engine Optimization)", kalau saya tidak salah begitu judulnya, kalah salah mohon dibenarkan ya.
Kegiatan yang dijadwalkan tersebut semestinya berlangsung kurang lebih tiga jam. Mulai pukul 1 siang hingga pukul 4 sore.
Tapi saya datang terlambat. Untungnya pas saya tiba, materi belum terlalu jauh lewat.
Ada 14 blogger Makassar yang hadir dalam kegiatan ini. Anda bisa lihat pada foto di bawah, salah satu di antaranya adalah pemateri, yaitu Kak Taufiq.
Belajar SEO
Hari itu kami belajar tentang SEO. Pematerinya sendiri adalah seorang developer aplikasi yang dulunya sangat aktif ngeblog (menurut pernyataan Kak Taufiq).
Kak Taufiq lebih banyak menjelaskan sekaligus menyampaikan materinya melalui layar LCD.
Di awal materinya Kak Taufiq menjelaskan perbedaan antara sosmed
Menurutnya, sosmed itu mengedepankan interest.
"Disosmed orang orang suka pam ," erkatanya .
Kak Taufiq sepertinya menitikberatkan
Selain itu, materi yang dibawakan juga masuk ke bagian website (situs jejaring), mengenal beberapa istilah blog/web,
Dalam materi SEO yang dibawakan, setidaknya ada 4 poin yang dipelajari lebih rinci.
Konten OriginalStruktur SitusKecepatan Situs- Keywords
Empat poin inilah yang diulang ulangi oleh Kak Taufiq. Dia juga mencontohkan beberapa pengalamannya saat mencari informasi di Google.
Menurutnya, artikel yang disukai oleh Google adalah jika memenuhi 4 poin di atas.
Sehingga kalau mau artikel kita memiliki nilai SEO yang tinggi, sehingga bisa mendapat tempat di halaman satu Google, maka penuhilah empat unsur itu. Apa saja penjelasan 4 poin tersebut? Baiklah saya coba jelaskan ulang apa yang saya pahami dan telah sebagian saya catat.
1. Konten berkualitas tinggi
Konten berkualitas tinggi artinya konten yang kita tulis haruslah original, asli. Bukan saduran atau hasil salin tempel. Kebiasaan ini akrab disebut copy paste atau tindakan plagiarisme.
Konten yang baik yaitu ditulis secara organik. Sebaiknya langsung ditulis di halaman beranda blog/website.
2. Struktur Situs
Struktur situs lebih kepada teknis, penempatan (pemilihan) kode pada judul, tulisan, atau paragraf.
Untuk struktur situs yang baik, pada judul tulisan/artikel, kodenya adalah H1.
"Sebaiknya hanya ada satu H1 dalam satu postingan," demikian uraian Kak Taufiq.
Pemateri langsung mencontohnya beberapa halaman website yang menggunakan H1 pada judul beritanya.
Cara melihat kodenya bagaimana? Cukup klik kanan lalu pilih inspect (Ctrl + Shift + I) lalu arahkan pointer ke judul tulisan, di situ Anda bisa melihat kode H1.
3. Kecepatan Situs
Maksudnya adalah kecepatan tampilan halaman. Seberapa bagus blog/web menampilkan informasi yang dibutuhkan.
Kak Taufiq sempat memberikan istilah bounce rate. Dan istilah lain yang terkait dengan kunjungan ke halaman situs web/blog.
Menurutnya, ada beberapa cara agar tampilan situs bisa cepat alias tidak lambat loading (lalod). Salah satunya ialah saat menggunakan gambar (memasukkan gambar di blog), perhatikan besar ukuran filenya. Karena ukuran file yang besar akan memberatkan tampilan halaman website.
Untuk mengetes kecepatan website/blog Anda, boleh klik tautan ini.
Kata kunci atau keywords ternyata menjadi hal utama juga dalam teknik SEO.
Sebagai seorang blogger, kemampuan riset kata kunci menjadi penting untuk dimiliki. Karena kata kunci inilah yang mendorong algoritma pencarian hingga masuk ke kanal blog/web kita.
Ada lagi satu yaitu Ubersuggest.
Dalam keywords, ada tiga poin penting yang mesti dipelajari yaitu, Volume, Kompetisi dan Relevansi.
Itulah 4 poin yang kami pelajari dalam SEO tahap awal ini.
Menurut pemateri, Google sangat memprioritaskan kepuasan pengguna. Sehingga konten yang muncul pada halaman pertama Google saat melakukan pencarian sudah tentu berisi konten yang bagus.
(Dikecualikan untuk konten iklan/ads, konteks iklan tidak termasuk SEO melainkan SEM atau Search Engine Marketing).
Yang kita perlu tahu kemudian bahwa belajar SEO dan mempraktikkannya itu adalah Gratis. Berbeda dengan SEM atau konten beriklan. Konten beriklan ini mesti berbayar agar artikel muncul di halaman pertama Google.
Paling terakhir, kalau kita mau menguji SEO kita atau dengan kata lain menyempurnakan teknik SEO di atas, maka sebaiknya kita menggunakan dua tools ini.
Pertama, Google Search Console. Yang kedua , Google Analitycs .
Penutup
Kegiatan kami akhirnya ditutup dengan foto bersama. Saya pun pulang dan menyisakan banyak pertanyaan di kepala.
Terakhir, sebelum saya pamit, saya masih ingat ekspresi Kak Andita Sely Bastoro [ASB] saat saya ke sampingnya untuk meminta berfoto.
"Kenapa foto sama saya? Saya kan bukan pemateri," ujarnya bingung.
Saya berfoto bersama beliau karena saya tahu ilmu beliau sudah di atas rata rata , terutama dalam hal SEO, blog dan marketing. Tapi kerendah hatiannya dan keinginannya untuk belajar, maka ia masih menyempatkan untuk datang, meski barangkali ada banyak kesibukannya yang lain.
M. Galang Pratama
27 Oktober 2019.
Comments
Post a Comment